Minggu, 23 April 2017

Riset Pemasaran



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER BINA SARANA GLOBAL


RISET PEMASARAN




Disusun oleh: Kelompok 6
1.      Untung Triana : 1116080001
2.      Vika R. Haikal : 1116080154


Program Studi: Teknik Informatika


Jl. Gatot Subroto N0. 42 - 45 Perempatan Cimone Tangerang Telp. 021-5522727 Fax. 021-5524142 e-mail: kampus@stmikglobal.ac.id website: www.stmikglobal.ac.id
1.Pengertian Riset Pemasaran
Riset pemasaran adalah kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, perumusan tujuan penelitian, pengumpulan data, pengumpulan data, pengolahan data dan interpretasi hasil penelitian. Kesemuanya itu ditujukan untuk untuk masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran ini dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.
Berkenaan dengan definisi yang luas mengenai riset pemasaran, American Marketing Association (AMA) memberikan definisi resmi mengenai riset pemasaran pada tahun 1987 sebagai “fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan masyarakat umum dengan pemasar melalui informasi. Informasi ini digunakan untuk mengidentifikasi dan menentukan peluang dan masalah pemasaran; merumuskan, menyempurnakan dan mengevaluasi tindakan-tindakan pemasaran; memantau kinerja pemasaran; dan menyempurnakan pemahaman yang dapat membuat aktivitas pemasaran lebih efektif. Riset pemasaran menentukan informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan tersebut; merancang metode untuk pengumpulan informasi; mengelola dan mengimplementasikan proses pengumpulan data; menganalisis hasil-hasil yang diperoleh; dan mengkomunikasikan hasil temuan dan implikasinya”.
Maksud tindakan yang sistematis seperti yang dijelaskan di atas adalah suatu tindakan yang dilakukan secara teratur dan konsisten didasarkan atas kegiatan-kegiatan yang ilmiah serta dapat dibuktikan kebenarannya. Untuk kegiatan riset pemasaran, kegiatan yang sistematis tersebut meliputi berbagai  kegiatan, mulai dari; perumusan masalah, penentuan desain riset, perancangan metode pengumpulan data, perancangan sampel dan pengumpulan data, analisis dan interpretasi data serta penyusunan laporan riset.
A.      Perumusan Masalah
Salah satu peranan penting dari riset pemasaran adalah membantu merumuskan masalah yang harus diatasi. Riset hanya dapat dirancang secara sistematis untuk memberikan informasi berharga jika masalah yang dihadapi telah dirumuskan secara jelas dan akurat. Proses perumusan masalah meliputi pula spesifikasi tujuan riset yang dilakukan.
B.      Penentuan Desain Riset
Pada tahapan ini dibuat kerangka untuk melaksanakan penelitian. Di dalamnya memuat secar a rinci prosedur untuk pengumpulan data, cara pengujian hipotesis, kemungkinan jawab terhadap research questions samapi dengan model analisis yang dipergunakan.
C.      Perancangan Metode Pengumpulan Data
Setelah ditentukan model yang dipakai untuk pengumpulan data, dilakukan kegiatan pengumpulan data baik primer maupun sekunder. Pengumpulan data primer dapat dilakukan dengan cara interviewing, dengan wawancara langsung, telepon maupun surat. Sedangkan untuk mendapatkan data sekunder dapat digunakan fasilitas internet, perpustakaan, publikasi lembaga-lembaga statistik, majalah dan sebagainya.
D.     Perancangan Sampel dan Pengumpulan Data
Perancangan sampel harus dilakukan dengan menspesifikasi kerangka sampling, proses pemilihan sampel dan jumlah sampel. Kerangka sampling merupakan daftar unsur populasi yang harus diambil sampelnya. Proses pemilihan sampel didasarkan pada berbagai metode sampling, baik probability sampling maupun non probability sampling.
E.       Analisis dan Interpretasi Data
Temuan riset pemasaran tidak akan ada nilainya jika tidak dianalisis dan diinterpretasikan. Analisis data terdiri atas beberapa langkah, yakni: editing, koding, tabulasi, analisis (misalnya uji statistik) dan interpretasi data.
F.        Penyusunan Laporan Riset
Laporan riset merupakan rangkuman hasil, kseimpulan dan rekomendasi penelitian yang diserahkan kepada pihak manajemen untuk pengambilan keputusan. Biasanya laporan riset akan menjadi standar penilaian yang digunakan para eksekutif dalam mengevaluasi proses manfaat riset pemasaran. oleh sebab itu laporan riset harus jelas, informatif dan akurat.

2. Manfaat Riset Pemasaran
Informasi  yang diperoleh dari riset pemasaran ini sangatlah penting dan bisa menjadikan strategi bagi anda pada bisnis yang akan anda masuki. Berikut ini adalah manfaat dari riset pemasaran yang bisa anda dapatkan.
A.       Memberikan informasi kepada para calon pelanggan
Dengan melakukan riset pemasaran ini anda akan mendapatkan informasi mengenai calon pelanggan pada usaha anda nantinya. Setelah anda mengetahui siapa saja yang akan berpotensi menjadi pelanggana anda kemudian anda akan menjadi tahu bagaimana caranya berkomunikasi yang baik denga mereka. Interaksi dengan pelanggan ini sangatlah penting karena anda jadi tahu sebenarnya apa yang para pelanggan butuhkan dan belum didapatkan dari produk lainnya.
B.       Mengidentifikasi peluang pasar
Peluang pasar ini sangatlah penting karena dengan ini anda tahu seberapa besar kemungkinan anda sukses dalam pasar tersebut. Anda tidak hanya menawarkan produk saja namun anda juga akan memberikan solusi kepada para pelanggan.
C.       Meminimilkan resiko
Dengan melakukan riset pasar ini anda akan menemukan semua informasi yang ada di pasar. Karena anda sudah mengetahui sebagian besar informasi yang ada di pasar sehingga anda akan dapat meminimilkan resiko pada bisnis anda. Misalnya saja setelah anda melakukan riset pemasaran di daerah yang akan menjadi tempat bisnis anda menemukan memang belum ada produk seperti yang akan anda jual namun ternyata itu beralasan karena pasar memang tidak membutuhkannya sehingga semua usaha seperti yang akan anda bangun biasanya akan kolaps di tempat itu. Nah, setelah anda mengetahui hal ini maka pilihan anda adalah dua yaitu pindah tempat atau gantu produk supaya anda tidak menerima resiko yang berat nantinya.
D.      Mengukur reputasi
Setelah anda melakukan riset pemasaran anda juga akan dapat mengukur seberapa besar reputasi dan pengaruh anda di pasar tersebut. Apakah anda termasuk dalam pesaing yang ditakuti oleh pesaing atau malah seperti tidak dianggap. Dengan ini anda dapat membangung persepsi kepada para pesaing dan para pelanggan.
E.       Mengidentifikasi potensi masalah
Kemudian manfaat lainnya dari riset pemasaran ini adalah mampu mengindentifikasi potensi masalah yang ada di pasar jika anda membangun bisnis di dalamnya. anda juga bisa berekspektasi pada respon dari para pelanggan pada produk anda sebelum anda meluncurkan produk baru anda. Jadi anda akan dapat merencanakan solusi pada masalah yang mungkin akan dihadapi.
F.        Merencanakan ke depan lebih baik
Riset pemasaran juga akan membantu anda dalam merencanakan bisnis anda ke depan supaya lebih baik. seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa riset pemasaran ini tidak hanya dilakukan pada awal bisnis dibangun namun juga harus dilakukan secara terus menerus supaya mengetahui kondisi terkini yang ada di pasar supaya bisnis bisa tetap bertahan.
G.      Membangun tren
Jika anda melakukan riset pemasaran ini secara rutin dan terus menerus maka anda akan mendapatkan data yang akurat. Dengan data ini anda akan tahu kira-kira apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Keuntungan dari anda yang memiliki data pasar ini adalah anda dapat mempengaruhi dan membangun tren di pasar tersebut sehingga ada akan mendapatkan profit maksimal dan kelanjutan bisnis anda.

3. Metode Riset Pemasaran
Suksesnya sebuah penelitian pemasaran sering tergantung pada kelayakan metode riset yang digunakan. empat metode dasar riset adalah, observasi , survey , focus group ,& experiments.

A.      Observasi
merupakan bentuk tertua dari riset pemasaran. Observasi adalah mengamati dan mencatat perilaku konsumen. misalnya mengobservasi prilaku belanja pelanggan di supermarket.
B.      Survey (survei)
yaitu teknik riset pemasaran dengan menggunakan kuesioner (daftar pertanyaan atau pernyataan) disebarkan pada setiap individu yg menjadi responden (pengisi kuesioner) atau digunakan sebagai bahan untuk melakukan wawancara.
C.      focus group (kelompok fokus)
yaitu teknik riset pemasaran berupa sekelompok orang dikimpulkan, diberi permasalahan, dan diminta untuk mendiskusikan secara mendalam.
D.     Experimentation (eksperimen)
yaitu teknik riset pemasaran yg mencoba untuk membandingkan respon orang yg sama atau orang yang  serupa (memiliki karakter yg mirip) dalam kondisi yg dibuat berbeda.

4. Ruang Lingkup Riset Pemasaran
Ruang kingkup nya sangat luas sekali karena mencakup seluruh kegiatan pemasaran. dapartemen pemasaran telah memperluas kegiatan dan teknik pemasaran. kegiatan riset pemasaran diantaranya penentuan ciri ciri pasar, ukuran pasar, potensi pasar, daya kerja pasar dan sebagainya. berikut kami muat beberapa riset:
A.      Riset pasar.
Riset pasar merupakan bagian integral pada prosedur yang ada. dengan riset pasar akan memberikan kemungkinan kepada manajer pemasaran untuk mengidentifikasikan kebuutuhan dan keinginan para konsumen. untuk mengidentifikasikan kebutuhan dan keingingan dari konsumen, kegiatan riset pasar diantaranya:
~ penganalisaan pasar yang ada
~ perkiraan besarnya kebutuhan akan barang baru
~ penentuan karakteristik pasar untuk barang produksi
~ ramalan besarnya perdagangan dan penjualan
~ ukuran potensi pasar
~ analisis keikutsertaan dalam pasar
~ penen tuan ciri khas pasar.
B.      Riset penjualan,
Riset penjualan meliputi pengukuran dari kemungkinan penjualan produk suatu perusahaan. juga meliputi analisis dari catatan yang ada mengenai penjuakan, kegiatan dalam riset penjualan adalah:
~ penetapan dan perubahan daerah penjualan
~ penilaian metode penjualan barang
~ penelitian terhadap penentuan harga bersaing
~ analisis terhadap aktivitas penjualan
~ penentuan kuota penjualan
~ pendayagunaan biaya
~ penetapan jatah penjualan diwilayah
~ studi tentang saluran distribusi
~ operasi operasi daftar para konsumen
~ studi tentang kompensasi penjualan
~ studi tentang promosi.
C.      barang yang diproduksi.
Riset barang produksi tujuan untuk memperoleh barang produksi yang baru atau adanya kombinasi dari barang produksi yang menguntungkan perusahaan.
kegiatan kegiatan riset barang produksi:
~ penentuan sikap penerimaan langganan pada produksi yang akan dijalankan
~ mengkaji perbandingan dengan produk pesaing
~ penentvan kegunaan barang
~ penilaian dan tes pasar terhadap barang produksi yang akan dihasilkan
~ penentuan sumber
~ ketidak puasan para pelanggan
D.     riset ekonomi perusahaan, kegiatannya antara lain:
~ studi mengenai kecendrungan bisnis
~ studi tentang harga, organisasi , modal dan pemasaran
~ studi tentang lokasi perusahaan
~ kombinasi produk, ekspor impor, soduk pesaing
~ studi tentang teknologi sosial dan budaya
E.      Riset periklanan, kegiatan riset diantaranya:
~ penilaian dayaguna periklanan
~ pemilihan media reklame
~ studi efektivitas periklanan
F.       riset saluran distribusi,
Ini mengenai kebiasaan membeli para langganan, ditoko mana konsumen membeli, kapan dia membeli, berapa besarnya permintaan barang produksi.
G.     riset lingkungan,
kegiatan lingkungan ekonomi:
~ penganalisisan pendapat konsumen
~ penentuan saluran distribusi
~ penganalisisan dan pengembangan penjualan eceran.
kegiantan lingkungan teknologi:
~ mengkaji efisiensi penggunaan komputer
~ menetapkan anggaran penelitian
~ menyelenggarakan penelitian ilmiah
kegiatan lingkungan kebudayaan:
~ penelitian pe ngaruh seni, moral adat dan kebiasaan.

5. Laporan Riset Pemasaran
              Pada tahap ini periset menyiapkan dokumentasi yang berisi: Ringkasan eksekutif yang menyampaikan poin utama yang akan dijalankan dalam riset
A.      Latar belakang masalah
B.      Penentuan masalah dan tujuan riset
C.      Pendekatan terhadap permasalahan dengan menampilkan literatur, teori atau pendekatan yang akan digunakan sebagai rujukan riset
D.     Desain riset yang mencakup jenis data yang akan dikumpulkan dan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data
E.      Analisis data dengan menguraikan cara menginterpretasikan data yang akan dianalisa
F.       Pelaporan yang akan dihasilkan dari riset tersebut
G.     Waktu dan biaya riset
H.     Lampiran-lampiran yang diperlukan dalam riset, misalnya: format kuesioner


0 komentar:

Posting Komentar

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo