SEKOLAH TINGGI
MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER BINA SARANA GLOBAL
RISET PEMASARAN
Disusun oleh: Kelompok 6
1. Untung Triana : 1116080001
2. Vika R. Haikal : 1116080154
Program Studi: Teknik Informatika
Jl. Gatot Subroto N0. 42 - 45
Perempatan Cimone Tangerang Telp. 021-5522727 Fax. 021-5524142 e-mail:
kampus@stmikglobal.ac.id website: www.stmikglobal.ac.id
1.Pengertian Riset
Pemasaran
Riset pemasaran adalah kegiatan
penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari
perumusan masalah, perumusan tujuan penelitian, pengumpulan data, pengumpulan
data, pengolahan data dan interpretasi hasil penelitian. Kesemuanya itu
ditujukan untuk untuk masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi
masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset
pemasaran ini dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut
peluang pasar.
Berkenaan dengan definisi yang luas
mengenai riset pemasaran, American Marketing Association (AMA) memberikan
definisi resmi mengenai riset pemasaran pada tahun 1987 sebagai “fungsi yang
menghubungkan konsumen, pelanggan dan masyarakat umum dengan pemasar melalui
informasi. Informasi ini digunakan untuk mengidentifikasi dan menentukan
peluang dan masalah pemasaran; merumuskan, menyempurnakan dan mengevaluasi
tindakan-tindakan pemasaran; memantau kinerja pemasaran; dan menyempurnakan
pemahaman yang dapat membuat aktivitas pemasaran lebih efektif. Riset pemasaran
menentukan informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan tersebut; merancang
metode untuk pengumpulan informasi; mengelola dan mengimplementasikan proses
pengumpulan data; menganalisis hasil-hasil yang diperoleh; dan
mengkomunikasikan hasil temuan dan implikasinya”.
Maksud tindakan yang sistematis
seperti yang dijelaskan di atas adalah suatu tindakan yang dilakukan secara
teratur dan konsisten didasarkan atas kegiatan-kegiatan yang ilmiah serta dapat
dibuktikan kebenarannya. Untuk kegiatan riset pemasaran, kegiatan yang
sistematis tersebut meliputi berbagai
kegiatan, mulai dari; perumusan masalah, penentuan desain riset,
perancangan metode pengumpulan data, perancangan sampel dan pengumpulan data,
analisis dan interpretasi data serta penyusunan laporan riset.
A.
Perumusan
Masalah
Salah satu peranan penting dari riset
pemasaran adalah membantu merumuskan masalah yang harus diatasi. Riset hanya
dapat dirancang secara sistematis untuk memberikan informasi berharga jika
masalah yang dihadapi telah dirumuskan secara jelas dan akurat. Proses
perumusan masalah meliputi pula spesifikasi tujuan riset yang dilakukan.
B.
Penentuan
Desain Riset
Pada tahapan ini dibuat kerangka
untuk melaksanakan penelitian. Di dalamnya memuat secar a rinci prosedur untuk
pengumpulan data, cara pengujian hipotesis, kemungkinan jawab terhadap research
questions samapi dengan model analisis yang dipergunakan.
C.
Perancangan
Metode Pengumpulan Data
Setelah ditentukan model yang dipakai
untuk pengumpulan data, dilakukan kegiatan pengumpulan data baik primer maupun
sekunder. Pengumpulan data primer dapat dilakukan dengan cara interviewing,
dengan wawancara langsung, telepon maupun surat. Sedangkan untuk mendapatkan
data sekunder dapat digunakan fasilitas internet, perpustakaan, publikasi
lembaga-lembaga statistik, majalah dan sebagainya.
D.
Perancangan
Sampel dan Pengumpulan Data
Perancangan sampel harus dilakukan
dengan menspesifikasi kerangka sampling, proses pemilihan sampel dan jumlah
sampel. Kerangka sampling merupakan daftar unsur populasi yang harus diambil
sampelnya. Proses pemilihan sampel didasarkan pada berbagai metode sampling,
baik probability sampling maupun non probability sampling.
E.
Analisis dan Interpretasi Data
Temuan riset pemasaran tidak akan ada
nilainya jika tidak dianalisis dan diinterpretasikan. Analisis data terdiri
atas beberapa langkah, yakni: editing, koding, tabulasi, analisis (misalnya uji
statistik) dan interpretasi data.
F.
Penyusunan Laporan Riset
Laporan riset merupakan rangkuman
hasil, kseimpulan dan rekomendasi penelitian yang diserahkan kepada pihak
manajemen untuk pengambilan keputusan. Biasanya laporan riset akan menjadi
standar penilaian yang digunakan para eksekutif dalam mengevaluasi proses
manfaat riset pemasaran. oleh sebab itu laporan riset harus jelas, informatif
dan akurat.
2. Manfaat Riset
Pemasaran
Informasi yang diperoleh dari riset pemasaran ini
sangatlah penting dan bisa menjadikan strategi bagi anda pada bisnis yang akan
anda masuki. Berikut ini adalah manfaat dari riset pemasaran yang bisa anda
dapatkan.
A.
Memberikan informasi kepada para calon
pelanggan
Dengan melakukan riset pemasaran ini anda akan mendapatkan
informasi mengenai calon pelanggan pada usaha anda nantinya. Setelah anda
mengetahui siapa saja yang akan berpotensi menjadi pelanggana anda kemudian
anda akan menjadi tahu bagaimana caranya berkomunikasi yang baik denga mereka.
Interaksi dengan pelanggan ini sangatlah penting karena anda jadi tahu
sebenarnya apa yang para pelanggan butuhkan dan belum didapatkan dari produk
lainnya.
B.
Mengidentifikasi peluang pasar
Peluang pasar ini sangatlah penting
karena dengan ini anda tahu seberapa besar kemungkinan anda sukses dalam pasar
tersebut. Anda tidak hanya menawarkan produk saja namun anda juga akan
memberikan solusi kepada para pelanggan.
C.
Meminimilkan resiko
Dengan melakukan riset pasar ini anda
akan menemukan semua informasi yang ada di pasar. Karena anda sudah mengetahui
sebagian besar informasi yang ada di pasar sehingga anda akan dapat
meminimilkan resiko pada bisnis anda. Misalnya saja setelah anda melakukan
riset pemasaran di daerah yang akan menjadi tempat bisnis anda menemukan memang
belum ada produk seperti yang akan anda jual namun ternyata itu beralasan
karena pasar memang tidak membutuhkannya sehingga semua usaha seperti yang akan
anda bangun biasanya akan kolaps di tempat itu. Nah, setelah anda mengetahui
hal ini maka pilihan anda adalah dua yaitu pindah tempat atau gantu produk
supaya anda tidak menerima resiko yang berat nantinya.
D.
Mengukur reputasi
Setelah anda melakukan riset
pemasaran anda juga akan dapat mengukur seberapa besar reputasi dan pengaruh
anda di pasar tersebut. Apakah anda termasuk dalam pesaing yang ditakuti oleh
pesaing atau malah seperti tidak dianggap. Dengan ini anda dapat membangung
persepsi kepada para pesaing dan para pelanggan.
E.
Mengidentifikasi potensi masalah
Kemudian manfaat lainnya dari riset
pemasaran ini adalah mampu mengindentifikasi potensi masalah yang ada di pasar
jika anda membangun bisnis di dalamnya. anda juga bisa berekspektasi pada
respon dari para pelanggan pada produk anda sebelum anda meluncurkan produk
baru anda. Jadi anda akan dapat merencanakan solusi pada masalah yang mungkin
akan dihadapi.
F.
Merencanakan ke depan lebih baik
Riset pemasaran juga akan membantu
anda dalam merencanakan bisnis anda ke depan supaya lebih baik. seperti yang
telah disinggung sebelumnya bahwa riset pemasaran ini tidak hanya dilakukan
pada awal bisnis dibangun namun juga harus dilakukan secara terus menerus
supaya mengetahui kondisi terkini yang ada di pasar supaya bisnis bisa tetap bertahan.
G.
Membangun tren
Jika anda melakukan riset pemasaran
ini secara rutin dan terus menerus maka anda akan mendapatkan data yang akurat.
Dengan data ini anda akan tahu kira-kira apa yang akan terjadi pada masa yang
akan datang. Keuntungan dari anda yang memiliki data pasar ini adalah anda
dapat mempengaruhi dan membangun tren di pasar tersebut sehingga ada akan
mendapatkan profit maksimal dan kelanjutan bisnis anda.
3. Metode Riset
Pemasaran
Suksesnya sebuah penelitian pemasaran
sering tergantung pada kelayakan metode riset yang digunakan. empat metode
dasar riset adalah, observasi , survey , focus group ,& experiments.
A. Observasi
merupakan bentuk tertua dari riset
pemasaran. Observasi adalah mengamati dan mencatat perilaku konsumen. misalnya
mengobservasi prilaku belanja pelanggan di supermarket.
B. Survey (survei)
yaitu teknik riset pemasaran dengan
menggunakan kuesioner (daftar pertanyaan atau pernyataan) disebarkan pada
setiap individu yg menjadi responden (pengisi kuesioner) atau digunakan sebagai
bahan untuk melakukan wawancara.
C. focus group (kelompok fokus)
yaitu teknik riset pemasaran berupa
sekelompok orang dikimpulkan, diberi permasalahan, dan diminta untuk
mendiskusikan secara mendalam.
D. Experimentation (eksperimen)
yaitu teknik riset pemasaran yg mencoba
untuk membandingkan respon orang yg sama atau orang yang serupa (memiliki karakter yg mirip) dalam
kondisi yg dibuat berbeda.
4. Ruang Lingkup Riset
Pemasaran
Ruang kingkup nya sangat luas sekali
karena mencakup seluruh kegiatan pemasaran. dapartemen pemasaran telah
memperluas kegiatan dan teknik pemasaran. kegiatan riset pemasaran diantaranya
penentuan ciri ciri pasar, ukuran pasar, potensi pasar, daya kerja pasar dan
sebagainya. berikut kami muat beberapa riset:
A.
Riset
pasar.
Riset pasar merupakan bagian integral
pada prosedur yang ada. dengan riset pasar akan memberikan kemungkinan kepada
manajer pemasaran untuk mengidentifikasikan kebuutuhan dan keinginan para
konsumen. untuk mengidentifikasikan kebutuhan dan keingingan dari konsumen, kegiatan
riset pasar diantaranya:
~ penganalisaan pasar yang ada
~ perkiraan besarnya kebutuhan akan barang baru
~ penentuan karakteristik pasar untuk barang produksi
~ ramalan besarnya perdagangan dan penjualan
~ ukuran potensi pasar
~ analisis keikutsertaan dalam pasar
~ penen tuan ciri khas pasar.
B.
Riset
penjualan,
Riset penjualan meliputi pengukuran
dari kemungkinan penjualan produk suatu perusahaan. juga meliputi analisis dari
catatan yang ada mengenai penjuakan, kegiatan dalam riset penjualan adalah:
~ penetapan dan perubahan daerah penjualan
~ penilaian metode penjualan barang
~ penelitian terhadap penentuan harga bersaing
~ analisis terhadap aktivitas penjualan
~ penentuan kuota penjualan
~ pendayagunaan biaya
~ penetapan jatah penjualan diwilayah
~ studi tentang saluran distribusi
~ operasi operasi daftar para konsumen
~ studi tentang kompensasi penjualan
~ studi tentang promosi.
C.
barang
yang diproduksi.
Riset barang produksi tujuan untuk
memperoleh barang produksi yang baru atau adanya kombinasi dari barang produksi
yang menguntungkan perusahaan.
kegiatan kegiatan riset barang produksi:
~ penentuan sikap penerimaan langganan pada produksi yang
akan dijalankan
~ mengkaji perbandingan dengan produk pesaing
~ penentvan kegunaan barang
~ penilaian dan tes pasar terhadap barang produksi yang akan
dihasilkan
~ penentuan sumber
~ ketidak puasan para pelanggan
D.
riset
ekonomi perusahaan, kegiatannya antara lain:
~ studi mengenai kecendrungan bisnis
~ studi tentang harga, organisasi , modal dan pemasaran
~ studi tentang lokasi perusahaan
~ kombinasi produk, ekspor impor, soduk pesaing
~ studi tentang teknologi sosial dan budaya
E.
Riset
periklanan, kegiatan riset diantaranya:
~ penilaian dayaguna periklanan
~ pemilihan media reklame
~ studi efektivitas periklanan
F.
riset
saluran distribusi,
Ini mengenai kebiasaan membeli para
langganan, ditoko mana konsumen membeli, kapan dia membeli, berapa besarnya
permintaan barang produksi.
G.
riset
lingkungan,
kegiatan lingkungan ekonomi:
~ penganalisisan pendapat konsumen
~ penentuan saluran distribusi
~ penganalisisan dan pengembangan penjualan eceran.
kegiantan lingkungan teknologi:
~ mengkaji efisiensi penggunaan komputer
~ menetapkan anggaran penelitian
~ menyelenggarakan penelitian ilmiah
kegiatan lingkungan kebudayaan:
~ penelitian pe ngaruh seni, moral adat dan kebiasaan.
5. Laporan Riset
Pemasaran
Pada tahap
ini periset menyiapkan dokumentasi yang berisi: Ringkasan eksekutif yang
menyampaikan poin utama yang akan dijalankan dalam riset
A.
Latar
belakang masalah
B.
Penentuan
masalah dan tujuan riset
C.
Pendekatan
terhadap permasalahan dengan menampilkan literatur, teori atau pendekatan yang
akan digunakan sebagai rujukan riset
D.
Desain
riset yang mencakup jenis data yang akan dikumpulkan dan metode yang digunakan
untuk mengumpulkan data
E.
Analisis
data dengan menguraikan cara menginterpretasikan data yang akan dianalisa
F.
Pelaporan
yang akan dihasilkan dari riset tersebut
G.
Waktu
dan biaya riset
H.
Lampiran-lampiran
yang diperlukan dalam riset, misalnya: format kuesioner
0 komentar:
Posting Komentar